Waspadai Kualitas Air Untuk Cuci Mobil

0
158

Hobicowok.com (Jakarta) – Hobi cuci mobil sendiri atau minimal sering cuci mobil di tempat pencucian mobil umum? Kayanya mulai sekarang harus lebih waspada terutama sama kualitas airnya. Jika air bisa bersahabat dengan mobil maka sebaliknya juga air bisa menjadi musuh yang cukup mematikan. Kita semua tidak pernah tahu kualitas air yang kita gunakan walaupun itu dari sumur kita atau dari PDAM.

Air sumur sangat rentan dengan kandungan logam tinggi (ferrite dll) yang biasanya diindikasikan dengan warna kekuning-kuningan. Belum lagi kalau kita berusan dengan tigkat PH air (derajat keasaman-RED). “PH air yang aman untuk mobil berkisar antara 6-9” demikian terang Roy dari Rainbow car wash. Selanjutnya adalah air PDAM yang “biasanya” banyak sekali mengandung unsur kaporit (pemutih) yang tentu saja tidak bersahabat dengan cat mobil.

Tidak hanya itu, kita juga harus mewaspadai air hujan. Hujan di kota-kota metropolitan banyak mengandung asam akibat dari proses polutan dan sebagainya. Jika menempel di cat mobil, air akan menguap dan kandungan asamnya yang akan tertinggal. Dalam jangka panjang akan menyebabkan jamur dan luka yang dalam di permukaan cat dan tidak bisa dihilangkan. Karena itu jika terkena hujan, segera bilas dengan air dan keringkan dengan lap.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here