Punya Mobil Masih Platina? Jangan Bingung

0
372

Hobicowok.com (Jakarta) – Sistem pengapian mobil  lama rata-rata masih menggunakan sistem platina untuk pengapian. Sebut saja Suzuki Carry, Suzuki Katana, Daihatsu Espass, Kijang produksi lawas dan masih banyak lagi.

Penggunaan platina memang murah namun tidak praktis. Dibutuhkan perawatan berkala dalam jangka waktu tertentu.  Saat ini keberadaan mobil yang menggunakan platina sudah digeser oleh CDI karena dianggap lebih stabil dan bebas perawatan.

Namun, jangan sedih dulu kalau mobil Anda masih menggunakan platina. Berkat ketekunan serta semangat ngulik yang luar biasa, akhirnya Surya Gunawan mampu menciptakan sebuah perangkat cerdas yaitu TCI (Transistor Control Ignition).

”Awal-awalnya hanya iseng sih. Tetapi sekarang alhamdulilah sudah kirim TCI ini dari Aceh hingga Kupang (Nusa Tenggara Timur),” terang Surya Gunawan kepada hobicowok.com

Gampangnya, TCI ini memang semacam CDI, di mana pengapiannya otomatis. Jadi tanpa settingan dan bebas perawatan. Surya sendiri sudah memproduksi macam-macam TCI untuk berbagai kebutuhan dan karakter. Namun pada intinya TCI rakitan Surya menawarkan berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh sistem platina seperti api lebih stabil, api lebih besar, bebas perawatan dan lain-lain.

Harga yang ditawarkan juga sangat beragam dan tergolong tidak membuat kantong jebol, yaitu berkisar  Rp 100 ribu – Rp 175 ribu, tergantung tipe serta belum termasuk ongkir.

Kebetulan hobicowok.com sendiri sudah merasakan perbedaan platina dengan TCI made in Bogor ini yang dijajal pada Suzuki Jimny ”adventure offroad” dengan mengambil tipe Power Maxx. Hasilnya, memang luar biasa dan berbeda sekali. Mobil dijajal pada trek berlumpur yang jelas membutuhkan tenaga ekstra, terutama pada torsi. Hasilnya, torsi meningkat, pengapian stabil serta RPM mampu mencapai putaran tinggi dengan cepat.

Untuk detail bisa dibuka di www.pengapian-transistor.blogspot.co.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here