Para Penjaga Kedaulatan Angkasa Negara Kesatuan Republik Indonesia

0
83

Kedatangan 2 unit pesawat  yang sempat tiga kali tertunda kedatangannya  pada hari Selasa tanggal 16 Januari 2018 menggenapi 24 pesawat tempur F16 C/D Fighting Falcon  yang dihibahkan negara Paman Sam kepada pemerintah Republik Indonesia. Dan kesemuanya telah tiba di tanah air.

Pesawat pesawat tempur tersebut rencananya akan ditempatkan di kota Pekanbaru dan Magetan Jawa Timur. 16 unit akan menjadi bagian dari skadron udara 16 Lanud Rusmin Nuryadin, Pekanbaru dan 8 unit akan melengkapi skadron udara 3 Lanud Iswahyudi, Magetan  yang telah dihuni oleh F16 A/B.

Danlanud Iswahyudi, Marsekal Pertama TNI Samsul Rizal mengatakan meskipun pesawat tersebut merupakan pesawat bekas angkatan udara Amerika Serikat, sistem avionik pesawat  tersebut telah diperbaharui. Persenjataan dalam pesawat juga dibuat lebih baik dibandingkan persenjataan awal. Dan diperkirakan masih bisa beroperasi sampai 20 tahun kedepan.

“Untuk harga satuan kami tidak tahu. Tetapi kalau kontrak semuanya 24 pesawat yaitu USD 690 juta”, Kata Samsul.

su301.jpg

Sebagai informasi saat ini selain skadron udara 16 Lanud Rusmin Nuryadin dan skadron udara 3 Lanud Iswahyudi, TNI AU juga memiliki skadron udara 11 Lanud Sultan Hasanudin, Makasar. Skadron 11 ini mengoperasikan pesawat tempur Sukhoi jenis SU 27SK dan SU 30MK/MK II.

T501.jpg

Selain itu untuk meningkatkan kemampuan tempurnya, TNI AU berencana untuk mengubah 16  T 50 yang menjadi bagian skadron udara 15 Lanud Iswahyudi menjadi FA 50, karena sejatinya pesawat ini lahir dengan kode FA atau Figther Attack, dan dikebiri menjadi pesawat latih atau kode T (traine). TNI AU akan mengembalikan marwah pesawat ini menjadi pesawat tempur. Sedangkan untuk pesawat latih akan dibebankan kepada pesawat Grop G 120 TP buatan Jerman.

Yang terakhir adalah keinginan TNI AU untuk mengganti pesawat tempur F 5E Tiger yang legendaris itu dengan SU 35 dari Rusia. Sebelum di grounded (dihentikan penerbangannya) karena faktor usia, Pesawat ini bernaung di skadron udara 14 Lanud Iswahyudi.

Mari kita tunggu kiprah dari pesawat SU 35 melintas di atas ibu pertiwi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here