P6 ATAV Tunggangan Presiden Jokowi Pada Saat Upacara HUT TNI 2017

0
80

Ada yang menarik pada upacara hari ulang tahun TNI ke 72 yang mengambil tempat di Dermaga Indah Kiat Cilegon di awal bulan Oktober 2017 kemarin.  Yaitu ketika Presiden Joko Widodo melakukan inspeksi pasukan, mata para pengunjung tertuju kepada kendaraan yang dinaiki beliau. Biasanya Pak Jokowi menggunakan jeep Mercy sebagai tunggangannya.

Mobil dengan kelir hitam tersebut sepintas mirip dengan kendaraan militer buatan paman Sam yang sudah sangat dikenal dunia dengan nama HMMWV (The High Mobility Multipurpose Wheleed  Vehicle) atau lebih popular HUMVEE. Kendaraan tersebut ternyata merupakan kendaraan militer buatan anak negeri yang diproduksi oleh PT. Sentra Surya Ekajaya.

P6 ATAV adalah kendaraan serang ringan (light strike vehicle), ATAV sendiri merupakan singkatan dari All Terrain Attack Vehicle. P6 ATAV mempunyai dimensi panjang 4,6 m, lebar  2,3 m dan tinggi 1,5 m. Mesinnya menggunakan Turbo Diesel 4 silinder  dengan  kapasitas 2300 cc, menyediakan tenaga yang cukup besar untuk kendaraan yang sangat ringan karena penggunaan rangka tubular berbasis logam duralium.  P6 menggunakan suspensi independen , derek (winch) dibagian depannya dengan ban run flat , sehingga sanggup menahan terjangan proyektil dan transmisi otomatis. Pada tangki bahan bakar penuh (120 L) sanggup melaju sejauh 500 km, sedangkan pada jalan yang mulus dapat melesat  hingga kecepatan 120 km/perjam.

p6-2.jpg

Untuk penumpang, tersedia empat kursi tipe racing seat dengan sabuk pengaman empat titik. P6 mempunyai tiga titik untuk pemasangan senjata, yang utama ada diatas, dengan satu lainnya disetiap sisi dengan model ayun yang bisa dipindah antara penumpang depan dan belakang. Untuk dudukan utama bisa dipasangi senapan mesin sekelas FN MAG/GPMG 7,62 mm , sementara dudukan sekundernya untuk minimi 5,56  X 45 mm. Jika diperlukan , P6 juga bisa dipasang peluru kendali ringan seperti ATGM atau MANPADS.

p6-3.jpg

Saat ini Kopassus dan Paskhas merupakan 2 institusi yang telah mempunyai kendaraan ini dan kabarnya beberapa Negara di Timur Tengah sudah menunjukan ketertarikannya untuk memilki kendaraan serang ringan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here