Medium Tank Kebanggaan Indonesia Buatan Anak Negeri

0
112

Keinginan Presiden Jokowi untuk memperkuat pertahanan Indonesia dari ancaman yang mungkin timbul dari luar maupun dalam negeri sendiri dengan mengutamakan industri lokal sebagai pondasi dasar pertahanan kita telah memberikan hasil yang menggembirakan.

PT. Pindad bekerja sama dengan perusahaan Turki FNSS telah memproduksi medium tank terbaru dengan bobot kotor 35 ton dan dipersenjatai dengan meriam 105 mm. Tank tersebut pertama kali terlihat publik pada awal bulan Mei 2017 di pameran industri pertahanan IDEF (International Defense Industry Fair) ke 13 di Istanbul Turki.

kaplan2.jpg

FNNS Turki dan PT. Pindad memperkenalkan Modern Medium Weight Tank tersebut dengan nama Kaplan MT. Kaplan dalam bahasa Turki berarti harimau. FNNS sendiri dikenal sebagai perusahaan pembuat kendaraan lapis baja terkemuka dan merupakan perusahaan patungan (joint venture) antara Turki Nurol Holding dan perusahaan terkemuka Inggris di bidang pertahanan British Bae System dengan komposisi 51 % untuk Turki Nurol Holding dan 49 % untuk British Bae System.

kaplan5.jpg

Pada perayaan hari ulang tahun TNI ke 72 yang diselenggarakan di Dermaga Indah Kiat Cilegon  awal bulan Oktober 2017 kemarin tampak hadir tank kebanggaan Indonesia dan Turki tersebut. Tampak gagah dengan corak loreng khas TNI, tank tersebut mencuri perhatian penduduk Cilegon yang hadir pada acara itu. Pada belakang kendaraan lapis baja tersebut tertulis Harimau Hitam. Memang belum ada pernyataan resmi dari Pindad mengenai nama Tank serang medium tersebut, tetapi bila mengacu kepada nama saudaranya dari Turki Kaplan MT, nama Harimau Hitam kemungkinan besar adalah nama yang akan digunakan oleh Pindad.

Jayalah TNI…..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here