Mau Cuci Mobil ? Bagusnya Hindari Sinar Matahari Langsung

0
43

Hobicowok.com (Jakarta) – Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan seputar kegiatan cuci mobil baik itu dilakukan sendiri atau berkaitan dengan bengkel cuci mobil :

  1. Pilih tempat cuci mobil yang berkualitas. Ini bisa dilihat dari kualitas pekerjaan yang berbanding lurus dengan harga jasa yang ditawarkan.
  2. Kenali air yang akan digunakan baik itu di rumah atau di bengkel. Banyak sekali dari bengkel yang menggunakan air dengan kualitas tidak jelas. Sekedar info, cari bengkel yang sudah menggunakan jasa konsultan independent seperti Succofindo untuk menentukan kualitas air.
  3. Pilih shampoo mobil dengan PH balance yang baik. DILARANG KERAS menggunakan bahan penganti shampoo seperti sabun cuci piring, sabun colek, deterjen baju atau shampoo rambut karena memang tidak dirancang untuk mobil. Jika dipaksakan, cat akan rusak dan warna akan kusam dan kasar.
  4. Mulailah mencuci dari bagian atas mobil agar aliran air dari atas mengalir dengan sempurna dan membawa kotoran yang mungkin dari atas kebawah dan jangan sebaliknya apalagi tidak beraturan. Demikian juga ketika melakukan shampoo lakukan dari atas kebawah.
  5. usahakan sebisa mungkin membilas shampoo dengan air dalam kurun waktu yang cepat, semakin cepat semakin baik.
  6. Jika menggunakan shampoo dengan tambahan bahan “wax” maka JANGAN gunakan lap chamois (sintetik dengan daya serap tinggi) karena dengan otomatis bahan wax akan terangkat oleh chamois. Gunakan bahan mikro fiber khusus yang akan mengeringkan tanpa mengangkat bahan wax.
  7. Pilih busa spon khusus untuk mobil dan bukan potongan busa kasur / bantal karena sifat dasar busanya berbeda dan bisa merusak cat.
  8. Jika menggunakan air bertekanan tinggi, hati-hati pada lapisan coating dan lapisan anti karat yang bia mengelupas jika intesitas penyemprotan terlalu lama.

Semoga berguna. Selamat mencoba. Boy Prabowo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here