Madolers Strike Back

0
83

Hobicowok.com (Jakarta) – Yup, sesuai namanya ini adalah sekumpulan pehobi sepeda downhill dan Enduro yang kerap bermain sepeda di waktu weekday. “Yaaa harus bolos kerja, makanya kita semua biasa disebut madoler,” terang Harry pemilik GT Sanction.

Waktu bermain mereka “biasanya” pada hari selasa, rabu atau kamis, karena hari-hari tersebut biasanya jadwal sudah bisa diatur sedemikian rupa. Weekday track cenderung sepi, oleh karena itu sangat cocok untuk ajang tukar pikiran, sharing, coaching dan diskusi seputar track. “Biasanya kita sudah arrange waktu sekitar beberapa hari sebelumnya. Kita pilh hari biasa karena track lebh sepi, traffic juga bagus dan selain itu hari sabtu minggu biasanya lebih ke acara keluarga,” terang Jhony pemilik Trek DH single crown.

Lokasi track biasanya bisa beragam, namun biasanya memang tidak jauh dari Cihideung Grafity Park, Sebex atau Gunung Pinang. “Dari semua track sekitar Jabodetabek, kita lebih sering di Gunung Pinang karena relatif lebih dekat, cepat dan karakter track nya lengkap, jadi bagus banget buat asah skill,” terang Robert, pemilik Specialized Demo “coak” Carbon.

Berbagai macam obstacle dari drop, table top, berm, akar, batu dengan sudut elevasi yang beragam memang harus diakui membuat track Gunung Pinang cukup membuat ketagihan. Jika ingin bermain disini, dibutuhkan minimal travel 160mm. Kelengkapan lainnya tentu aja seperti helm dan protector merupakan hal wajib untuk enjaga resiko.

Uniknya, track Gunung Pinang ini punya nama-nama unik berkaitan dengan obstacle yang dibuat, seperti drop batu, drop janda, drop biji, drop sakit perut dan lain-lain.

Jika dilihat, para madoler ini memiliki karakter sepeda yang sangat beragam walaupun bermain di track sepeda yang sama. Ada sepeda downhill, enduro bahkan ada aliran XC Agresive. “Karena mau praktis, frame sepeda menggunakan frame DH, namun fork depan menggunakan travel 180mm, tujuannya agar lebih lincah, praktis dan ringan ketika pedaling. Jadi satu sepeda bisa buat semua track. Yang lebih penting lagi sehat, fun dan enjoy,” tambah Jhony lagi.

Lokasi Gunung Pinang memang terletak di sekitar kota Serang Provinsi Banten. Walaupun jaraknya sedikit lebih jauh dari track lain, namun ternyata waktu tempuhnya justru paling cepat, tinggal lewat Tol Jakarta-Merak, keluar exit tol Serang Barat atau Cilegon Timur, ikuti jalan sekitar 2km, sebelah kiri nanti perhatikan ada akses masuk Gunung Pinang. “Biaya juga relative murah dan terjangkau, yaitu sekitar Rp 110 ribu rupiah sudah termasuk jasa loading, makan siang dan ticket masuk,” tutu Harry.

Yang rajin yaaaa madolnya….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here