Helikopter APACHE AH-64E Guardian Milik TNI AD Telah Tiba di Indonesia

0
213

Kedatangan 5 unit helikopter serang AH-64E  pada awal tahun 2018 ini menambah kekuatan TNI AD dalam menjaga kedaulatan dan kesatuan Indonesia, setelah sebelumnya pada tanggal 18 Desember 2017 tiga unit helikopter buatan Amerika tersebut tiba di Pangkalan Udara Utama TNI AD  (Lanumad) Ahmad Yani, Semarang.

Kedatangan heli heli tersebut merupakan bagian dari rencana jangka panjang TNI AD yang ingin membeli 135 helikopter untuk membentuk 8 skuadron. Rencana tersebut sudah dimulai dengan pembelian  8 helikopter MI 35 dari Rusia pada tahun 2010.

Untuk APACHE, selain Indonesia Negara di ASEAN yang memiliki heli tempur tersebut adalah Angkatan Udara Singapura dengan AH-64D sebanyak 1 skuadron.

Keberadaan heli tempur serang ini dianggap penting oleh para petinggi TNI AD karena dalam doktrin perang modern keberadaan heli tempur utama (Main Battle Helicopter) telah menggeser kebutuhan akan tank tempur besar (Main Battle Tank).

Brigjen Eko Susetyo selaku Wakil Komandan Pusat Penerbangan TNI AD menuturkan, ada lima hal yang melatar belakangi pengadaan heli AH-64E ini. Pertama, modernisasi alutsista penerbangan TNI AD. Kedua, menciptakan deterrence effect atau efek getar.Ketiga, meningkatkan kepercayaan diri bangsa. Keempat, akselerasi penguasaan teknologi alusista.Kelima, hubungan politik  Indonesia dengan Amerika Serikat.

“Sebab, Amerika tidak menjual bebas helicopter serang AH-64E APACHE “, ujar Eko.

Boleh bangga kita memiliki heli ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here