Halal Bihalal Offroad ala Owners 4×4

0
130

Hobicowok.com (Jakarta) – Komunitas offroad yang satu ini memang terbilang cukup rajin menggelar berabagi kegiatan. Dari sekedar kumpul bareng, blusukan cari jalur offroad baru, bhakti sosial hingga kompetisi pun cukup sering dilakukan. Nah, berhubung masih bulan Syawal dan dekat dengan suasana libur lebaran, maka dibuatlah acara halal bihalal yang di gadang oleh komunitas Owners 4×4 yang berlokasi di Pasir Hayam, Sentul Kabupaten Bogor.

owner1.jpg

“Yaaa namanya juga hobi offroad, nggak jauh-jauh sama lumpur. Cuma kali ini kita selingi dengan kemping bareng,” terang Imam, pentolan Owners 4×4. Setelah melakukan miting point yang sudah di tentukan, rombongan akhirnya masuk ke lokasi Pasir Hayam melalui kawasan Sentul, Kabupaten Bogor yang beranggotakan 8 mobil, yaitu 7 unit Suzuki Jimny dn sebuah Toyota FJ40.

Karena temanya halal bihalal, maka kegiatan ini pun tidak hanya berasal dari saru komunitas saja, melainkan dari beberapa komunitas yang ada di Jabodetabek. “Kali ini kita membawa anak-anak Owners 4×4, Skin serta CC 4×4,” tambah Imam lagi.

owner4.jpg

Trek offorad Pasir Hayam ini dinilai cukup menantang. Berbagai macam obstacle baik itu yang ringan hingga berat terdapat di trek ini, seperti trek berlumpur, air, trek batu, sungai, turunan hingga tanjakan dengan sudut elevasi curam merupakan hal biasa di Pasir Hayam. “Pair Hayam cukup lengkap treknya. Bahkan tanjakan curam dengan jarak diatas 100 meter pun ada,” terang pemilik Jimny Long yang sering melalap asam garam berbagai event kejurda dan kejurnas adventure offroad ini.

Agar perjalanan adventure menjadi aman dan nyaman, maka dibutuhkan sedikit persiapan ekstra seperti mengecek kondisi ban dan kaki-kaki, mesin, setingan mesin serta yang berhubungan dengan fluida mesin seperti oli pelumas dan air coolant. Tidak bisa lupa adalah system elektrik mobil seperti winch (jika menggunakan), lampu-lampu, wiper dan lain-lain.

owner2.jpg

Tidak hanya itu, hal penting lain yang harus diperhatikan adalah kelengkapan safety dan recovery. “Strap, shackle, double line, lampu penerangan serta tools kit haruslah lengkap untuk menghadapi berbagai kendala,” tambah Imam lagi.

owner5.jpg

Sebagai catatan lain, masuk trek Pasir Hayam ini membutuhkan “biaya” yaitu Rp 15 ribu per mobil. Buat yang nggak mau ribet soal makanan, banyak warga desa sekitar trek yang mau membantu untuk menyediakan makanan dan keperluan lain. “Yaaa siap-siap aja, karena biasanya suka ada pemuda-pemuda yang membantu mendorong atau memasang strap dengan tidak sukarela tentunya. Jadi bisa disiapkan uang receh sekedarnya”, tutup Imam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here