Ganti Grup Set Single Yuk

0
256

Hobicowok.com (Jakarta) – Buat para pehobi MTB, salah satu trend yang lagi hits akhir-akhir ini adalah menganti rasio sprocket dengan rasio yang lebih besar atau low gear. Tujuannya jelas agar sepeda menjadi jauh lebih ringan di gowes pada medan tanjakan.

Trend ini sebenarnya dimulai ketika pabrikan grup set seperti Shimano atau Sram men-develop single speed grup set, yaitu dengan merancang single chain ring untuk crank dan memperbesar sekaligus memperbanyak jumlah rasio sprocket-nya. “saat ini yang paling high end yaitu pabrikan Sram, dengan Sram Eagle-nya,” terang Rudy dari Rudy Bike Bintaro.

Single chain ring ini menjadi hits karena menawarkan sesuatu yang simple, durable namun juga fungsional terutama pada medan2 berat, karena kencenderungan gejala rantai lepas menjadi kecil karena chain ring sudah mengadopsi teknologi narrow wide.

Sram sendiri menawarkan beberapa seri dari mulai GX, XO, hingga XXI Eagle yang dibedakan tentu saja dari bobot, jumlah sprocket dan harga. Sedangkan Shimano juga menawarkan dari seri SLX dan XT yang legendaris. “Buat alternative pilihan, baru aja dating seri deore 10 speed dengan rasio 11-42 single. Modelnya lumayan mewah lho,” tambah Rudy lagi.

Namun jika budget dirasa cekak, pilihan bisa masuk pada penggantian sprocket-nya saja, karena di after market pabrikan Sun Race menawarkan sprocket 9,10 dan 11 speed dengan karakter dan rasio yang berbeda. “Yang paling laku sprocket 10 speed dengan rasio 11-42. Model mewah, bahan bagus, bobot sekelas Shimano Deore/SLX dan rasio gigi besar. Cocok buat upgrade dengan kendala budget mepet,” tutup Rudy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here