Fungsi Lain Kaca Film : Lebih Aman Di Jalananan

0
36

Hobicowok.com (Jakarta) – Pada perkembangnnya, kaca film tidak hanya berfungsi untuk menolak panas atau sinar UV saja, melainkan juga untuk alasan keindahan dan keamanan. Kaca film keamanan pada prinsipnya masih menggunakan bahan polyester, hanya saja dicampur bahan-bahan penting lainnya seperti lapisan anti gores, polycarbonate, polyester, polyvinyl butyral dan polyurethane.

Sebenarnya pengaplikasian kaca film keamanan ini pertama kalinya digunakan untuk kepentingan arsitektural (anti bom dan getaran lain). Namun pada perkembangannya, kaca film ini juga diaplikasikan pada mobil. Hanya saja lapisan polyester menjadi lebih tebal. Ini yang menyebabkan kaca film tipe ini “rada-rada” sulit dipasang.

Kaca film safety dirancang hingga memiliki kelenturan seluas 25.000 psi (pound-force per square inch) atau setara dengan 1.702 atmosfer (1.725 Bar). Karena itulah, ketika kaca film itu dipecahkan sekuat tenaga, kelenturan kaca film itu mampu menahan pecahan kaca itu Dalam sebuah uji coba, jika kaca film itu dibentangkan sekuat tenaga, kaca film itu mampu menahan tubuh orang dewasa yang berdiri di tengah- tengahnya. Kaca film itu baru akan tembus atau bolong jika tingkat kelenturan sejauh 1.702 atmosfer sudah terlampaui. Kondisi itu juga berlaku jika kaca film tersebut tertimpa getaran ledakan bom. Kaca mobil atau rumah itu paling tidak hanya menyebabkan retakan saja, lalu kaca film itu akan terlepas dari framenya mirip seperti daun yang jatuh ke lantai. Ledakan itu mampu mengeliminir resiko bahaya buat para penggunanya.

Apabila kita kembangkan terus, fungsi kaca film ternyata tidak sesederhana yang kita bayangkan. Secara umum kaca film mampu membuat suhu mobil lebih dingin dan kondusif (ini juga yang bisa menyebabkan konsusmsi bahan bakar menjadi lebih irit, lantaran kinerja AC menjadi sangat efektif dan efisien), fungsi keindahan (tampilan mobil menjadi lebih berkelas dan elegan), fungsi sosial (menghilangkan kecemburuan sosial) serta fungsi kesehatan (pada suhu panas, pendangan manusia normal akan berkuran 20% dan kemampuan mereduksi UV hingga 99% sangat berguna untuk menghindari dari zat radikal bebas dan zat-zat lain yang bersifat merusak akibat sinar UV).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here