Formula E Ajang Balap Bagi Mantan Pembalap F1

0
70

Hobicowok.com (Jakarta) – Berita yang mengabarkan bahwa Rio Haryanto kembali kedunia balapan formula disambut gembira oleh para pecinta motorsport tanah air, walaupun yang menjadi bidikan mantan pembalap Manor tersebut bukan balapan di ajang Formula 1 tetapi Formula E.  Motorsport.com mewartakan bahwa Rio Haryanto telah menuntaskan tes perdana Formula E di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, di awal bulan Oktober 2017.

Rio1.jpg

Formula E digadang gadang akan menjadi tontonan sekelas F1, dengan menggunakan listrik sebagai bahan bakar dalam balapan. Ajang balapan yang dikenal dengan nama FIA Formula E Championship berada dalam naungan resmi FIA. Balapan ini mulai dilombakan pada tahun 2014, dikota Beijing  tanggal 13 September 2014.

Formula E merupakan balapan yang ramah lingkungan karenanya sirkuitnyapun merupakan sirkuit jalan raya yang berada tepat ditengah  kota. Untuk tahun kalender 2017/2018 rencananya akan ada 14 seri balap. Dimulai di kota Hongkong pada tanggal 2 Desember 2017 dan diakhiri di kota Montreal, Kanada pada tanggal 29 Juli 2018.

Pada lomba Formula E ini, ada beberapa pembalap bintang dari Formula 1, GP 2 sekarang Formula 2, GP 3, DTM, FIA World Touring Championship, dan Nascar . Disana ada mantan pembalap Formula 1 seperti Lukas Di Grasi (Tim Virgin Racing cikal bakalnya tim Manor F1), Jerome D’Ambrosio (Tim Marusia F1), Nelson Piquer Jr (Renault F1), Nick Hiedfield  (Tim Prost, Sauber, Jordan, Williams, BMW Sauber, dan Lotus), Sebastian Buemi (Tim Toro Rosso F1), dan Kemudian disana ada Jean Erick Vergne yang menjadi pembalap termuda Perancis yang pernah ikut lomba F1 melalui tim Tor Rosso.

formulaE3.jpg

Banyak pabrikan mobil ternama seperti Audi, Jaguar, Renault, BMW, Citroen yang tertarik untuk terjun langsung di arena ini, hal itu dikarenakan sudah  ramai Negara Negara maju yang mulai ancang ancang untuk melarang penggunaan bahan bakar fosil di masa datang. Pemerintah Belanda sudah mengeluarkan undang undang yang membatasi penggunaan bahan bakar fosil pada tahun 2025. Perancis akan bebas dari bahan bakar fosil pada tahun 2040. Inggris menargetkan bebas emisi karbon pada tahun 2050.

Ajang Formula E ini merupakan tempat yang pas bagi pabrikan untuk mengembangkan mobil dengan bahan bakar non fosil, karena itu banyak pakar yang meramalkan bahwa Formula E adalah masa depan dari balapan Formula.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here