Ferrari Menjadi Yang Pertama Mencoba Shield

0
86

Sejak kejadian mengerikan yang menimpa pebalap Felippe Massa pada kualifikasi Hungaria pada tahun 2009, FIA terus berusaha meningkatkan faktor keamanan bagi para pebalapnya. Peristiwa yang hampir merengut jiwa pebalap Williams tersebut terjadi ketika  sebuah pegas (spring ) terlontar dari salah satu mobil peserta dan menembus kaca helm yang digunakan pebalap asal Brasil itu dari arah muka. Hal tersebut mengakibatkan tengkorak Massa menjadi retak dan membuatnya mengalami koma.

e64273ab1ff08584f833448114456da4.jpgPada tahun 2016 sempat dilakukan pengujian terhadap perangkat yang dapat melindungi pebalap dari terpaan benda asing dari arah depan. Dikenal dengan nama “Halo”, perangkat ini menimbulkan kontroversi karena mengganggu pandangan dari pebalap dan masih adanya resiko terhadap puing puing kecil.  Kemudian team Red Bull sempat mencoba perangkat “aeroscreen” yang bentuknya sekilas mirip kaca yang sengaja diletakkan tepat di bagian mata para pebalap, tetapi ada perdebatan mengenai kemampuannya bila terkena serpihan yang cukup berat pada kecepatan tinggi.

_89P6546.jpgBekerjasama dengan Global Intitute, para petinggi FIA pada tanggal 8 Juli 2017 memperkenalkan alat keselamatan terbaru untuk melindungi pengemudi  di kokpit mobil formula 1, dinamakan “Shield”. Bentuknya mirip dengan kanopi pada pesawat tempur. Terbuat dari polikarbonat yang mampu melindungi para pengendara jet darat tersebut secara maksimal dari terjangan serpihan atau puing. Sementara pandangan dari pebalap dipastikan bebas dari gangguan akibat keberadaan perangkat ini.

Laman crash.net menyebutkan, Ferrari menjadi tim pertama yang berkesempatan mencoba design Shield ini di Silverstone pada latihan bebas pertama Grand Prix Inggris. Pengujian ini terkait dengan kemampuan pandang (visibilitas) dan berharap akan mendapat umpan balik yang baik dari para pengemudi Ferrari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here