Android Auto Sumbangsih Google Untuk Meningkatkan Keselamatan Berkendara

0
63

Perkembangan teknologi selain memudahkan hidup manusia, juga mempunyai efek negatif yang berdampak cukup besar. USA today mengeluarkan hasil penelitiannya mengenai penyebab kecelakaan kendaraan roda empat di Amerika pada tahun 2014, hasilnya cukup mengejutkan karena 1 dari 4 kecelakaan lalu lintas disana berhubungan dengan pemakaian handphone pada saat berkendara. Sayang belum ada penelitian serupa di negara kita Indonesia.

Hal tersebut menjadi alasan utama Google untuk mengembangkan Android Auto.

Android Auto adalah sistem yang menjadi penghubung antara perangkat audio sistem dengan handphone yang berbasis android versi 5.0 (lollypop) keatas. Lalu apa bedanya dengan android automotive. Pada dasarnya  android automotive digunakan untuk mengoperasikan seluruh sistem pada sebuah kendaraan, dan tanpa terhubung dengan smartphone pribadi, aplikasi tersebut sudah berjalan. Jadi sistem tersebut sudah melekat dengan mobil yang kita kendarai.

Sedangkan android auto dapat diartikan sebagai sebuah system yang menghubungkan smartphone anda dengan dashboard didalam mobil, sehingga aplikasi seperti fitur google map navigasi, musik mulai dari spotify, pandora atau google play music dan komunikasi seperti panggilan telepon dan SMS dapat dilakukan dengan perintah suara.  Diharapkan kita sebagai pengemudi dapat tetap berkonsentrasi penuh mengendarai kendaraan kita, karena penggunaan voice command telah menggantikan aktivitas yang biasanya kita lakukan menggunakan jari kita. Untuk faktor keamanan ketika aplikasi android auto dijalankan, kita pengedara tidak akan menerima notifikasi untuk hal hal yang tidak penting saat mengemudi.

Hyundai menjadi pabrikan pertama didunia yang memasukkan android auto sebagai bagian dari sistem audionya. Para pemilik Hyundai Sonata produksi tahun 2015 keatas dapat menambahkan sistem tersebut didealer terdekat. Honda Accord dan VW Golf GTI menyusul pada pertengahan Agustus dan September tahun 2015. Saat ini ada 200 jenis mobil dari 50 merk mobil terkemuka dunia yang telah mendukung aplikasi ini, untuk lebih jelasnya kita bisa melihat di website Android Auto.

Layanan Android Auto saat ini sudah tersedia di 18 negara diantaranya  Australia, Kanada, Perancis, Jerman, Irlandia, Inggris, Italia, Mexico, Selandia Baru, Spanyol, dan Amerika Serikat.

Untuk Indonesia, ditunggu ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here